Tugas Pengantar Teknologi Informasi Artikel Perbandingan GSM & CDMA

Dipublikasi di pribadi | Meninggalkan komentar

Perbandingan antara Topologi Jaringan Bus, Ring, Star dan Mesh

Topologi Bus itu merupakan topologi yang paling sederhana dibandingkan dengan topologi lainnya, yaitu komputer dihubungkan antara satu dengan yang lainnya dan membentuk seperti barisan melalui satu single kabel.

  • Kelebihan Topologi Bus adalah kita dapat dengan mudah menambahkan jaringan atau pengembangan workstation baru tanpa menggangu workstation lain.
  • Kekurangan Topologi Bus adalah bila di sepanjang kabel pusat terdapat gangguan, maka seluruh jaringan terdapat gangguan.

Topologi Ring itu merupakan topologi yang bentuknya melingkar (Ring) sehingga disebut desain yang sederhana, pada topologi ring setiap komputer terhubung dengan komputer lainnya dan komputer terakhir terhubung dengan komputer pertama.

  • Kelebihan Topologi Ring adalah tidak adanya komputer yang memonopoli jaringan karena setiap komputer mempunyai hak akses yang sama terhadap token, dan data mengalir dalam satu arah sehingga Collision dapat dihindarkan.
  • Kekurangan Topologi Ring adalah apabila ada satu komputer dalam Ring yang tidak dapat berfungsi maka akan mempengaruhi keseluruhan jaringan. Sulitnya untuk mengatasi kerusakan di jaringan yang menggunakan Topologi Ring. Dan apabila menambah atau mengurangi komputer di Topologi Ring akan mengacaukan jaringan.

Topologi Star itu semua kabel dihubungkan dari komputer-komputer ke lokasi pusat di mana semuanya terhubung dengan alat yang dinamakan Hub. Sehingga membentuk seperti bintang (Star)

  • Kelebihan Topologi Star adalah cukup mudahnya untuk menambah atau mengubah komputer ke dalam jaringan yang menggunakan Topologi Star tanpa mengganggu aktivitas jaringan yang sedang berlangsung. Apabila ada satu komputer yang mengalami kerusakan dalam jaringan maka komputer tersebut tidak akan membuat mati seluruh jaringan Star. Dan kita dapat menggunakan beberapa tipe kabel di dalam jaringan yang sama dengan hub yang dapat mengakomodasi tipe kabel yang berbeda.
  • Kekurangan Topologi Star adalah memiliki satu titik kesalahan yang terletak pada Hub, apabila Hub pusat mengalami kegagalan, maka seluruh jaringan akan mengalami kegagalan untuk beroperasi. Pada Topologi Star membutuhkan lebih banyak kabel karena semua kabel jaringan harus ditarik ke Hub, jadi Topologi Star merupakan topologi yang paling banyak membutuhkan kabel dibandingkan topologi lain.

Topologi Mesh itu merupakan topologi yang paling efektif dalam jaringan, karena semua komputer dapat terhubung langsung dengan komputer lain di dalam jaringan tanpa menggunakan alat penghubung seperti Hub.

  • Kelebihan Topologi Mesh adalah menjamin data dapat langsung dikirimkan ke komputer tujuan tanpa harus melalui komputer lainnya, sehingga dapat lebih cepat karena satu link digunakan khusus untuk berkomonikasi dengan komputer yang dituju saja. Pada Topologi Mesh privacy dan security lebih terjamin karena komonikasi yang terjadi antara dua komputer tidak akan dapat diakses oleh komputer lainnya. Dan memudahkan proses identifikasi permasalahan pada saat terjadi kerusakan koneksi antar komputer.
  • Kekurangan Topologi Mesh adalah membutuhkan banyak kabel dan port I/O karena semakin banyak komputer di dalam Topologi Mesh, maka semakin banyak pula kabel links dan port I/O yang dibutuhkan. Hal tersebut membuat Topologi jenis ini membutuhkan biaya yang relatif mahal. Dan instalasi dan konfigurasi menjadi lebih sulit karena setiap komputer terkoneksi langsung dengan komputer lainnya.

Artikel Yang Berhubungan

Tugas Artikel PTI

Dipublikasi di pribadi | Meninggalkan komentar

Review Artikel

Windows 3X
Windows 3X merupakan sistem operasi yang juga berbasis grafis, windows 3x juga memiliki kelebihan dari windows sebelumnya yaitu windows 2x seperti dukungan untuk kartu grafis VGA, icon yang lebih kaya serta aplikasinya dapat di gunakan secara multi tasking.

Windows 95

Windows 95 merupakangrafis antar muka dan merupakan sistem hibrida yang di perkenalkan dengan menggunakan menu start dan windows explorer.Windows 95 menggunakan fungsi multitasking, dapat secara otomatis mendeteksi instalasi hardware subsistem pada jaringan terintegrasi.
Windows ME
Windows ME adalah singkatan dari Windows Millenium Edition yang di gunakan oleh pengguna rumahan dan desainnya pun di buat secara khusus untuk menggantikan sistem operasi sebelumnya.

Windows XP
Windows XP adalah sistem berbasis grafis yang di gunakan pada komputer pribadi seperti laptop dan komputer bisnis, windows xp merupakan kelanjutan dari windows 2000 dan windows ME yang kemudian di gantikan oleh windows vista. tapi windows xp mungkin akan tetap bersedia bagi pengguna korporasi sebagai sarana downgrade untuk komputer yang belum siap menjalankan sistem operasi baru.
Windows Xp memiliki berbagai macam edisi, seperti edisi yang paling umum adalah windows xp home edition untuk pengguna rumahan dan windows xp professional dengan menawarkan fitur tambahan dan dua prosesor fisik yang di targetkan di pasar power user, bisnis dan perusahaan klien.

Windows NT
Windows NT di ciptakan dari sisa pengembangan sistem IBM, microsoft bekerja sama dengan IBM dalam mengembangkannya. Namun windows NT terbengkalai saat microsoft berhenti bekerja sama dengan IBM, tapi microsoft melanjutkan pengembangan Windows NT secara sendirian.
Namun dalam pengembangannya selama tiga tahun windows NT berhasil menjadi sistem operasi yang benar-benar baru karena saat itu microsoft bekerja sama dengan orang-orang pengembang sistem operasi yang keluar dari perusahaan dan kurang puas karena sistem operasi ciptaannya di hentikan secara paksa.

Windows 2000 server
Dulunya di kenal dengan kode ‘cairo’ yang tidak jadi di keluarkan karena tidak mamiliki nama khusus, sehingga namanya di rubah menjadi windows NT5, server 2000 mencatat 3 buah versi RC dan selanjutnya merilis RTM.
Windows 2000 server disebut sebagi sistem operasi yang paling stbil.Tapi banyak juga perusahaan yang tidak beranggapan demikian setelah windows 2000 perusahaan windows meluncurkan windows xp yang menyebabkan windows 2000 menjadi sedikit tergantikan, dan pada saat windows 2003 di rilis,windows 2000benar-benar menjadi hilang dan tergantikan.

Windows 2003 server
Adalah sistem operasi yung di tujukan untuk pasar korporat yang duluny pernah di kenal dengan net server.Windows ini memiliki beberapa macam produk yang berbeda, contohnya seperti standart edition.
Standart editionyaitu sistem operasi windows yang paling dasar yang sering di gunakan untuk melayani klien di jaringan oleh sebuah pasar server.Standart edition sendiri di terbitkan untuk menggantikan windows server 2000. Produk dari windows ini memiliki beberapa fitur standar sebuah server, seperti file service,print service dan aplikasi-aplikasi yang dapat di instalasi.Fitur tersebut di gunakan untuk jaringan menengah ke bawah.

Windows 2008 server
Adalah penembangan dari versi server 2003 yang mendukung sistem klient dan di ciptakan dari kode yang sama dengan windows vista,sehingga memiliki fungsi yang sama.

Sun
Sun adalah produk yang termasuk dalam komputer server dan berbasis prosesor yang mendukung dalam produk sun adalah SPERC serta AMD opteron dan intel xeon prosesor, selain itu matahari juga mendukung kontributor utama perangkat lunak open, sistem terbuka secara umum dan unix secara khusus.

Linux
Linux beraal dari nama pembuatnya yaitu kernel linux,pengertian dari linux sendiri adalah sistem yang di kendalikan oleh pengembang dan komunitas penggunanya.Sistem operasi linux dikenal dengan distribusi linux.Linux sendiri di gunakan sebagai sistem operasi di berbagai macam perangkat keras pada komputer separti pada permainan dan video,biaya operasional linux juga rendah dan memiliki kompatibilitas yang tinggi.
Linux sering di gunakan oleh beberapa situs web teknologi sepeti linux journal.Linux journal adalah sebuah majalah yang terbit tiap bulan,dan linux banyak di gunakan untuk bahasa pemrograman.

mac OS
mac OS adalah merupakan sistem operasi microsoft yang mempunyai versi terbaru yaitu mac OS X untuk komputer machintos. Karakter X sendiri di ambil dari angka romawi yang artinya 10 karena mac OS memiliki banyak jenis seperti mac OS 8 dan mac OS 9.

Free BSD
Adalah sistem operasi yang berjalan di atas sistem intel,free BSD merupakan turunan dari berkeley unix,tapi tidak bisa di panggil sebagai unix meskipun sistem operasinya bertipe unix bebas.

Windows mobile
Windows yang dipergunakan pada telepon pintar/smart phone dan perangkat nirkabel lainnya.Windows mobile di desain mirip dengan vesi windows dekstop dan fiturnya di kembangkan dengan menggunakan windows API.Windows mobile juga di lengkapi dengan stylus pen pada layar dengan cara men-tap perintah yang akan di masukan tersebut.

Iphone
Adalah sebuah ponsel genggam yang memiliki fitur kamera,sms,voice mail dan pemutar multimedia serta dapat di hubungkan pada jaringan internet.Iphone juga memiliki banyak keunggulan seperti mengunggah foto,memainkan video dan dapat menonton tv atau film.Aplikasi pada iphone sama dengan aplikasi pada komputer.Sistem operasi iphone sangat ringan dan tanpa berbagai komponen yang tidak di perlukan,iphone juga dapat di update secara gratis dan berkala.

Android
Adalah sistem operasi berbasis linux yang di gunakan pada ponsel dan terbuka untuk para pencipt aplikasi.
Pada perilisan pertamanya android mempunyai dukungan untuk pengembang standar terbuka bagi perangkat seluler.
Sistem operasi pada android ada 2 jenis, yaitu GMS dan OHD.Android sangat unggul sebagai software karena mamiliki basis kode komputer yang di gunakan secara terbuka sehingga para pengguna dapat menciptakan aplikasi-aplikasi baru.

1. – windows 3X adalah serangkaian sistem oprasi 16-bit yang diproduksi oleh microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi.
    – windows 95 adalah sistem operasi produk pertama yang dikeluarkan oleh windows 95, didalamnya berisi microsoft officce.
    – windows ME adalah sebuah versi windows yang dirancang khusus dan di tunjukan untuk menggantikan sistem operasi.
    – windows XP adalah sistem operasi berbasis grafis untuk di gunakan pada komputer pribadi dan tersedia dalam berbagai edisi
2. – windows NT merupakan salah satu sistem operasi dengan kapasitas 32-bit.
    – windows 2000 server adalah sistem operasi server pengembangan.
    – windows 2003 server adalah sistem operasi server yang benar-benar dasar dengan fitur-fiturnya
    – windows 2008 server adalah salah satu server dengan versi garis dari sistem operasi.
3. – windows SUN adalah sistem oprasi yang memiliki aplikasi menyerupai matahari.
    – windows linux merupakan salah satu hasil pengembangan perangkat lunak dan sumbernya terbuka dan dapat di desain atau dirancang sedemikian rupa.
    – windows macos adalah serangkaian sistem oprasi grafis antar muka berbasis user dikembangkan oleh apple inc. untuk jalur sistem komputer.
    – windows free BSD adalah sistem pilihan untuk aplikasi jaringan kinerja tinggi, free BSD akan mengungguli sistem lain saat  berjalan pada perangkat keras setara.
4. – windows mobile adalah salah satu sistem operasi mobile yang di kembangkan dan di desain untuk digunakan pg smartphone atau handphone dan perangkat lainnya.
    – windows symbian adalah salah satu nama aplikasi handphone yang bagus dan menarik karena dengan aplikasi ini windows yang selama ini kita kenal sebagai operating system komputer bisa dimainkan atau di jalankan
    – windows blackberry adalah salah satu sistem operasi yang terletak di sebuah phone.
    – windows i phone adalah aplikasi yang ada pada telepon genggam revolusioner yang diproduksi oleh apple inc, yang memiliki fungsi kamera, pemutaran multimedia, SMS, dan voicemail.
    – windows android adalah sistem oprasi untuk telepon seluler yang berbasis linux.
Dipublikasi di pribadi | Meninggalkan komentar

artikel tentang kesan-kesan selama menggunakan perangkat lunak

CATATAN
Untuk mengaktifkan Disk Operating Sistem (DOS) Perangkat lunak sistem operasi yang sering saya gunakan :
1. PC DOS dan MS DOS merupakan sistem operasi produk dari IBM Crop dan microsoft corp yang digunakan untuk komputer mikro.
2. Sistem operasi UCSD p-System yang digunakan untuk menunjang UCSD Pascal.
3. Sistem operasi  UNIX yang dibentuk dara bahasa C yang di perkenankan untuk komputer jaringan khusus. UNIX diproduksi AT&T Bell laboratory. system operasi yang memiliki kemiripan dengan UNIX adalah XENIC produk dari Microsoft Crop.
4. CCP / M-86 Merupakan sistem operasi dengan fasilitas yang canggih karena pada sistem ini dapat dipakai password untuk setiap file, fasilitas window, dan kemampuan untuk menjalankan beberapa program secara bersamaan.
5. Sistem operasi CP / M-86 yang merupakan perbaikan dari sistem operasi CP / M 80 yang dipakai pada komputer APPLE.
6. Sistem operasi LINUX yang diproduksi untuk menunjang LINUX.

  • setiap komputer yang diaktifkan selalu dimulai dengan booting. proses booting adalah proses pengidentifikasian semua hal yang berkaitan dengan operasional komputer, agar komputer dapat berkomunikasi dengan pemakainya.

File-file yang digunakan terdiri atas beberapa jenis yang dicirikan dari ekstensinya. Untuk dapat memahaminya lebih jauh, lakukan langkah-langkah berikut ini.

  1. Aktifkan komputer.
  2. Klik Start.
  3. Pilih Program.
  4. Pilih Accesories.
  5. Pilih Command Prompt.

Langkah di atas bertujuan untuk mengaktifkan program DOS (Disk Operating System).
maka setelah langkah di atas dilakukan akan muncul tulisan seperti di bawah ini :

Microsoft Windows XP [Version 5.1.26 00]
<C> Copy right 1985-2001 Microsoft Corp.

Tulisan ini menunjukan bahwa program yan diaktifkan adalah Microsoft Windows XP Versi 5.1

perangkat lunak bahasa pemrogaman yang pernah saya pelajari :

bahasa pemrograman merupakan software yang khusus digunakan untuk membuat program komputer, apakah itu sistem operasi, program paket dan  lain-lain.
bahasa pemrograman ( programming langueage ) memungkinkan programer untuk mengembangkan serangkaian perintah yang membentuk program komputer. banyak bahasa pemrograman yang berbeda telah dikembangkan, dan penggunaan yang berbeda-beda ( O’Brien, 2005 ).

bahasa generasi pertama :
             bahasa mesin adalah tingkat paling dasar dari bahsa pemrograman. pada tahap-tahap awal pemgembangan komputer, semua perintah program harus ditulis dengan mengunakan kode binari ( biner ) yang unik untuk setiap komputer. jenis pemrograman ini melibatkan berbagai tugas sulti untuk menulis perintah dalam bentuk untaian amgka-angka binari ( satu angka dan nol ) atau sistem nomor lainnya.

Perangkat Lunak Favorit

MICROSOFT OFFICE EXCEL
  • Merupakan salah satu aplikasi perangkat lunak pada komputer yang biasa Saya gunakan dalam mengerjakan pekerjaan kantor, karena dalam pengerjaannya selain tersedianya tabel-tabel dalam lembar kerja juga tersedia cara Perhitungan ( Penjumlahan, Perkalian, Pengurangan, dan Pembagian ) yang cepat, sehingga memudahkan dalam membuat sebuah laporan baik yang berhubungan dengan Quantity, Marketing, maupun suatu Data.
  • Microsoft Office Excel merupakan salah satu program aplikasi perangkat lunak yang dibuat dan dikembangkan oleh Microsoft (1987) dan Macintosh (1985) yaitu berupa lembar kerja “SpreadSheet” yang mempunyai Aplikasi fitur Kalkulasi dan dan pembuatan Grafik.
  • Menjadi trend sampai saat ini merupakan sebuah Progarm aplikasi perangkat lunak komputer yang banyak digunakan oleh banyak user baik pada platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS.
  • Contoh tampilan fitur Microsot Office Excel :

1. Microsoft Office Excel pada Sistem Operasi Microsoft (Windows).

Spreadsheet kosong Microsoft Office Excel 2007 Windows Vista
  • Pengembang : Microsoft.
  • Sistem Operasi : Microsoft Windows.
  • Jenis : Spreadsheet.
  • Lisensi : Proprietary EULA.
  • Mulai dikembangkan pada tahun 1987 yang awalnya LOTUS 1-2-3 berbasis MS-DOS.
  • Versi rilis terbaru adalah 12.0.6014.5000 / 2007.
  • Situs Web : http://www.microsoft.com


2. Microsoft Office Excel pada Sistem Operasi Macintosh (Mac OS X).

Spreadsheet Microsoft Office Excel 2004 pada Mac OS X 10.5.
  • Pengembang : Microsoft.
  • Sistem Operasi : Mac OS X
  • Jenis : Spreadsheet.
  • Lisensi : Proprietary EULA.
  • Mulai dikembangkan pada tahun 1985
  • Versi rilis terbaru adalah 2004 v11.3.7 Mei 2007, dan 2008 v12.x
  • Situs Web : excel 2004 untuk Mac.
  • Versi yang terbaru dari Microsoft Office Excel saat lagi digunakan oleh banyak User selain Microsoft Office Excel versi 2003, juga versi 2007, bahkan sekarang lagi dirilis versi 2010nya.
  • Perkembangan kemajuan Microsoft Office Excel dari tahun ketahun dilihat dari versinya sebagai berikut :
  1. Tahun 1985 Versi Excel 1.0 dengan Sistem Operasi Apple Macintosh Klasik versi Microsoft Officenya Tidak ada.
  2. Tahun 1987 Versi Excel 2.0 for Windows dengan Sistem Operasi Microsoft Windows 2.0 versi Microsoft Officenya Tidak ada.
  3. Tahun 1988 Versi Excel 1.5 dengan Sistem Operasi Apple Macintosh Klasik versi Microsoft Officenya Tidak ada.
  4. Tahun 1989 Versi Excel 2.2 dengan Sistem Operasi Apple Macintosh Klasik versi Microsoft Officenya Tidak ada.
  5. Tahun 1989 Versi Excel 2.2 dengan Sistem Operasi IBM OS/2 versi Microsoft Officenya Tidak ada.
  6. Tahun 1990 Versi Excel 3.0 dengan Sistem Operasi Microsoft Windows 3.0 versi Microsoft Officenya Tidak ada.
  7. Tahun 1990 Versi Excel 3.0 dengan Sistem Operasi Apple Macintosh versi Microsoft Officenya Tidak ada.
  8. Tahun 1991 Versi Excel 3.0 dengan Sistem Operasi IBM OS/2 versi Microsoft Officenya Tidak ada.
  9. Tahun 1992 Versi Excel 4.0 dengan Sistem Operasi Microsoft Windows 3.0 dan Microsoft Windows 3.1 versi Microsoft Officenya Tidak ada.
  10. Tahun 1992 Versi Excel 4.0 dengan Sistem Operasi Apple Macintosh versi Microsoft Officenya Tidak ada.
  11. Tahun 1993 Versi Excel 5.0 dengan Sistem Operasi Microsoft Windows 3.0, MW 3.1, MW 3.11, Windows for Work groups, dan Windows NT (pada versi 32-bit saja) versi Microsoft Office yang digunakan adalah Microsoft Office 4.2 dan MS 4.3
  12. Tahun 1993 Versi Excel 5.0 dengan Sistem Operasi Apple Macintosh versi Microsoft Officenya Tidak ada.
  13. Tahun 1995 Versi Excel 7.0 for Windows 95 dengan Sistem Operasi Windows 95 dan Windows NT 3.1/3.50 versi Microsoft Office yang digunakan Windows 95.
  14. Tahun 1997 Versi Excel 8.0 for Windows 97 dengan Sistem Operasi Windows 95 dan Windows NT 3.51/Windows NT 4.0 versi Microsoft Office yang digunakan Windows 97.
  15. Tahun 1998 Versi Excel 8.0 dengan Sistem Operasi Apple Macintosh versi Microsoft Office 98 for Macintosh.
  16. Tahun 1999 Versi Excel 9.0 for Windows 2000 dengan Sistem Operasi Windows 98, Windows ME, dan Windows 2000 versi Microsoft Office 2000.
  17. Tahun 2000 Versi Excel 9.0 dengan Sistem Operasi Apple Macintosh versi Microsoft Office 2001 for Macintosh.
  18. Tahun 2001 Versi Excel 10.0 for Windows 2002 dengan Sistem Operasi Windows 98, Windows ME, Windows 2000, dan Windows XP versi Microsoft Office XP.
  19. Tahun 2001 Versi Excel 10.0 dengan Sistem Operasi Apple Macintosh OS X versi Microsoft Office v.X.
  20. Tahun 2003 Versi Excel 11.0 for Windows 2003 dengan Sistem Operasi Windows 2000 (Service pack 3), Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, danWindows Server 2008, versi Microsoft Office System 2003.
  21. Tahun 2004 Versi Excel 11.0 dengan Sistem Operasi Apple Macintosh OS X versi Microsoft Office 2004 for Macintosh.
  22. Tahun 2007 Versi Excel 12.0 for Windows 2007 dengan Sistem Operasi Windows XP (service pack 2 atau seri diatasnya), Windows Server 2003 (service pack 1), Windows Vista, dan Windows Server 2008 versi Microsoft Office System 2007.
Dalam mengerjakan pekerjaan kantor biasanya saya menggunakan Microsoft Office Excel Versi 2003 dan Versi 2007.
Dipublikasi di pribadi | Meninggalkan komentar

Review materi PTI

Perkembangan dan klasifikasi komputer
Komputer merupakan alat yang dipakai untuk mengolah data menjadi informasi menurut prosedur yang telah dirumuskan.
Blaise Pascal (1623-1662) adalah orang yang pertama kali membuat mesin penjumlah, pada tahun 1642 untuk mengukur jarak tempuh kereta. Charles Babbage adalah ahli matematika dari Inggris yang mengembangkan mesin penghitung otomatis. Dengan bantuan dari Lady Augusta Ada lovelace, pada tahun 1834 Babbage mengembangkan mesin analitis untuk menghitung tabel astronomi untuk digunakan pada angkatan laut yang disebut “ Different Engine “.
Herman Hollerith pegawai statistik mengembangkan mesin hitung yang disebut “ Hollerith desk “ untuk menangani sensus di AS tahun 1980, dengan meggunakan sistem plong punched-card untuk mengoleksi dan melakukan tabulasi data. Dengan mengunakan mesin ini, proses penghitungan sensus dapat diselesaikan dalm 2 tahun. Pada akhir abad 18 Hollerith mendirikan perusahaan “ Tabulating Machine Company “ . setelah Hollerith pensiun pada tahun 1904, Thomas Watson,Sr menjadi presdir dan kemudian mengubah nama perusahaan menjadi “ International Business Machine Corporation “ (IBM).
Jhon Von Neuman adalah jenius matematika dari Princeton, mengembangkan teori tentang peyimpanan program dalam makalah yang berjudul “ A Preliminary Discussion Of The Logical Computing Instrument “  tahun 1946.
Generasi komputer
1946-1957 : vacuum tube ( geneasi I )
1958-1964 : Transistor     ( generasi II )
1965-1971 : SSI-Small Scale Integration ( generasi III ) sekitar 100 transistor       dalam satu chip
1971          : MSI-Medium Scale Integration ( 100-300 transistor dalam satu chip )
1971-1977 : LSI-Large Scale Integration ( 300-100.000 transistor dalam satu           chip)
1978          :  VLSI-Very Large Scale Integration ( 100.000-100.000.000 transistor dalam satu chip )
Ultra Large Scale Integration ( generasi IV dan V )
Pertemuan III
Pengenalan komputer ( Input, Proses, Output )
Input device adalah alat yang digunakan untuk menerima inputan dari luar, inputan bisa berupa data ataupun perintah. Alat input antara lain :
Ø  Papan ketik (Keyboard)
Ø  Pointing Device (Mouse, Touch Pade, Light Pen)
Ø  Scanner (MICR)
Ø  Sensor (Digitizing Camera)
Ø  Voice Recognition (Microphon)
Output device merupakan hasil dari pengolahan data masukan dari input. Output dari pengolahan tersebut bisa berupa : tulisan (hurup, angka, dan simbol), image (gambar atau grafik), suara (musik, lagu).
Untuk output berupa tulisan dan image hasil bisa ditampilkan ke layar monitor atau dicetak dengan printer, sedangakan sound hasil ditampilkan oleh speaker. Adapun alat output antara lain meliputi :
Ø  Monitor
Ø  Proyektor
Ø  Speaker
Ø  Printer
Ø  Plotter
CPU adalah alat yang utama pada bagian proses, cpu merupakan tempat pemrosesan data atau perintah yang dimasukan dari input dan kemudian informasi yang dihasilkan dikeluarkan atau ditampilkan ke alat output. Cpu terdiri dari dua bagian utama, yaitu control unit (CU) dan Arithmetic and Logic Unit (ALU). CU bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer, sedangkan ALU bertugas melakukan semua perhitungan aritmatik sesuai dengan instruksi program.
Macam-macam prosessor : Processor Intel x86, Processor Intel Pentium, Processor X Core, Processor AMD, dan Processor Cyrix.
Pertemuan IV
Pengenalan Hard Ware
Key board merupakan media input utama dari sebuah komputer, bekerja dengan cara ditekan dan merupakan sekumpulan hurup dan angka.
Mouse merupakan media input “perintah” berbasis grafis, bekerja dengan klik dimana tiap klik mewakili beberapa perintah jika harus diklikan.
Mother board merupakan tempat bersatunya seluruh komponen pada komputer, input dan output dihubungkan dengan proses IO Port. Masing-masing mother board meiliki konfigurasi tersendiri.
Processor merupakan otak dari sebuah komputer yang bertugas mengatur seluruh kerja pada komputer.
Monitor merupakan media output yang utama, output bersifat “soft copy”.
Memory merupakan tempat penyimpanan sementara baik progaram maupun data, bersifat volatile atau tergantung pada arus listrik.
Hard disk adalah media penyimpanan yang utama pada sebuah komputer.
Lan card (Local area network)
Multimedia card sering digunakan oleh para editor movie, peralatan ini yang paling penting dan harus ada.
VGA card (Video Grafich Adapter) menghubungkan antara CPU dengan monitor, semakin besar kemampuan VGA maka semakin bagus tampilan yang dihasilkan.
Sound card menghubungkan perangkat audio ke komputer, input dari microphon dan output ke speaker.
Floppy drive adalah media penyimpanan yang bersifat mobile (mudah dipindahkan) kapasitas terbatas, lebih cepat rusak apabila dipakai berulang kali atau terkena air dan medan magnet.
CD/DVD/BLUE RAY ROM merupakan media penyimpanan yang bersifat mobile, kapasitas penyimpanan besar, lebih awet dibanding floppy.
Power supply merupakan sumber daya utama sebuah komputer, mengalirkan listrik keseluruh komponen komputer, semakin banyak teknologi yang ditanam di PC kapasitas daya harus semakin besar.
Cassing dapat disesuaikan dengan PC apa yang akan kita buat, sesuai selera.

IO Port berfungsi untuk menghubungkan perangkat input dan output dengan CPU. Jenis port yang ada pada komputer antara lain : Port Paralel (LPT1 atau LPT2), Port Serial (Com1 , Com2), Port AT/PS2, USB Port, Port VGA, Port Audio. Bus adalah saluran untuk menghubungkan satu bagian komputer dengan bagian lain.

ng

Pertemuan VI

Pengenalan media penyimpanan data (Storage)

Penyimpanan Primer = memory yang dapat diakses langsung oleh processor
Penyimpanan sekunder = memory yang diakses processor melalui piranti I/O
Prymary Storage
§  Random Akses Memory (RAM)
§  Read Only Memory (ROM)
§  Cache Memory
Secondary Storage
Berdasarkan cara akses :
§  Sequential Acces Storage Device (SASD) ,Magnetic Tape, Punched Card, Paper Tape
§  Direct Acces Storage Device (DSAD)
·         Magnetic Disk : Floppy Disk, Harddisk
·         Optical Disk : CD-Rom, DVD, FMD
·         Gabungan : Magneto Optical Disk
§  Electrical Storage
·       Flash Disk
·       MMC, SD, Memory Stick, CF
·       SSD  (Solid State Disk)
Saran – saran :
Mungkin menurut saya pribadi mengajarnya jangan terlalu cepat ia pak.
Dan untuk perkuliahan berikutnya.  mungkin kita jangan terfokus sama materi saja pak . tapi kali – kali diperlihatkan suatu alat teknologinya. supaya kita tau dan lebih jelas.Banyak hal yang tadinya tidak saya ketahui menjadi sedikit demi sedikit bisa saya ketahui. Mat.kuliah ini sangat bermanfaat bagi saya, karena jujur saya orang awam yang tidak terlalu banyak mengetahui tentang Teknologi Komputer.Secara garis besar penyampaian materi yang dilakukan sudah sangat baik, akan tetapi mungkin karena kelemahan dari diri saya sendiri mengenai pengetahuan tentang teknologi komputer, jadi secara jujur saya akui, saya cukup keteteran mengikuti materi yang disampaikan,,akan tetapi semua itu bisa sedikit teratasi dengan disediakannya materi yang di upload di internet (Web).

Dan untuk usulan / saran dari saya mungkin kalau bisa materi di UpLoad terlabih dahulu sebelum disampaikan, jadi mahasiswa bisa sedikit mempelajari materi sebelum mambahasnya dengan dosen..

Sekali lagi terima kasih atas ilmu yang telah diberikan. semoga kedepannya segala sesuatunya bisa lebih baik lagi.

Dipublikasi di pribadi | Tag | Meninggalkan komentar